Rabu, 03 November 2010

Prodi Keperawatan Blora Mendukung Peningkatan Kesehatan Ibu & Anak Lewat Buku KIA

Masih tingginya angka kematian ibu, bayi dan balita, perlu perhatian pemerintah dan semua elemen masyarakat untuk berperan serta dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan anak.


Buku KIA diharapkan dapat meningkatkan kemandirian keluarga dakam memelihara kesehatan ibu dan anak. Buku KIA berfungsi sebagai : Alat untuk mendeteksi secara dini adanya gangguan atau masalah kesehatan ibu & anak, serta Alat komunikasi dan penyuluhan dengan informasi yang penting bagi ibu dan anak & standar pelayanan KIA, gizi, imunisasi dan tumbuh kembang balita.


Peran institusi pendidikan kesehatan sangat penting untuk mendukung Kepmenkes RI no.284/Menkes/SK/III/2004 tentang Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Prodi Keperawatan Blora Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang berupaya memberikan pembekalan pada peserta didiknya tentang implementasi Buku KIA pada mata kuliah Keperawatan Anak I, Keperawatan Maternitas I dan Keperawatan Komunitas I. Mahasiswa dalam mempraktekkan Buku KIA dilaksanakan di Praktek Klinik /RS/Puskesmas pada Poliklinik Anak, Poliklinik Tumbang, dan Poliklinik Kebidanan, serta di Praktek Lapangan pada Posyandu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar